Site Loader

Yey London, akhirnya kami menginjakkan kaki di London pada sore hari di awal Mei 2018. Kami tiba menggunakan pesawat kebanggaan negara kita, Garuda Indonesia yang terbang langsung dari Jakarta menuju bandara Heathrow, London. Setiba di Heathrow kami membeli Oyster Card, karena memudahkan saat naik kendaraan umum seperti kereta bawah tanah (Tube) dan bis kota. Untuk 3 hari di London, saya cukup beli Oyster Card seharga 25 Pound ( 5 Pound untuk kartu yang bisa direfund serta 20 Pound untuk isi kartunya).

Kami menggunakan Tube (kereta bawah tanah) dari bandara Heathrow menuju YHA St. Pancras (tempat kami menginap) di kawasan St. Pancras. Kami pilih St. Pancras karena dekat dengan stasiun kereta api St. Pancras yang menghubungkan ke daratan Eropa serta dekat dengan stasiun kereta bawah tanah King’s Cross St. Pancras yang pernah dijadikan lokasi film Harry Potter saat Harry akan berangkat naik kereta api di Platform 9 3/4.

IMG-20180520-WA0155

Inilah tempat kami menginap, bagi kami yang penting adalah kamar dan toiletnya bersih , itu sudah cukup karena penginapannya yang terpakai hanya untuk tidur saja serta tidak menikmati fasilitas hotel lainnya.

Acara hari ini adalah:

1. Big Ben
  2. Buckingham Palace
  3. Trafalgar Square
  4. Piccadilly Square
  5. Oxford Street

Sudah sampai di London tidak sah rasanya kalo belum sarapan English Breakfast nya. Kebetulan dekat hotel ada restoran Cappadocia yang menjual English Breakfast.

Walau tempatnya kecil, namun makanan dan minuman di restoran ini enak dan harganya terjangkau.

Setelah sarapan kami naik Tube dari King’s Cross St. Pancras menuju Big Ben. Karena tidak ada yang langsung, maka kami naik Tube (dengan tujuan akhir Victoria), sampai di Green Park kemudian pindah Tube, (dengan tujuan akhir Jubilee) dan turun di Westminster Station.

Setelah 20 menit perjalanan akhirnya kami tiba di Big Ben, sayang menara Big Ben-nya sedang dalam tahap renovasi.

Yang terlihat hanya jamnya saja. Oh ya apakah teman-teman tahu bahwa jam Big Ben itu satu pabrik dengan jam gadang yang ada di Bukit Tinggi? Bangga juga bahwa kembarannya Big Ben ada di Indonesia.

Setelah berfoto di sekitar Big Ben, maka lanjut ke istana Buckingham karena ingin melihat parade pergantian penjaga jam 11.30. Dalam perjalanan ke istana Buckingham melewati gereja Westminster Abbey (lokasi penobatan raja/ratu Inggris), taman St. James yang luas sekali serta Guards Museum.

Gambar diatas adalah persiapan pergantian penjaga istana sebelum parade menuju ke istana Buckingham .

Setelah puas melihat pergantian penjaga, tiba waktunya untuk mencari makan siang dan menu yang kami rencanakan dari Jakarta adalah makan Fish & Chips. Kami pilih restaurant The Laughing Halibut karena letaknya hanya 12 menit jalan kaki dari istana Buckingham.

Porsinya besar ya…

Setelah perut kenyang, acara lanjut ke Trafalgar Square. Sebenarnya tempat ini adalah alun-alun di pusat kota London, dan karena tempatnya yang strategis serta luas biasa dipakai untuk acara besar serta demonstrasi juga loh.

Lanjut menuju Piccadilly Square, yang dikenal juga dengan nama Piccadilly Circus. Jangan berpikir karena bernama Piccadilly Circus berarti bisa menemukan sirkus ya, karena kata circus disini diambil dari bahasa Latin yang berarti lingkaran. Jadi Piccadilly Circus merupakan simpang jalan besar dan pada malam hari lampu iklan menghiasi gedung-gedung sekitarnya. Sayang saat kami berkunjung matahari masih bersinar dengan cerianya karena kami berkunjung saat musim semi dimana matahari tenggelam setelah jam 21.00

Setelah puas melihat-lihat di Piccadilly Circus, perjalanan dilanjutkan ke Oxford Street, lokasi pertokoan sepanjang 2,4 km yang dimulai dari Marble Arch ke Charing Cross Road dan Tottenham Court Road. Mudah untuk menemukan toko branded di sepanjang jalan ini, nah di sini ada satu toko yang harga-harganya masih terjangkau, namanya Primark. Cobalah berkunjung ke Primark dan jangan heran bila banyak bertemu dengan orang Indonesia di Primark.

Bagi yang suka dengan seri Harry Potter, banyak spot tempat pengambilan gambar film Harry Potter di London, salah satunya ada di Stasiun Underground King’s Cross, dimana ada satu sudut yang menggambarkan ketika Harry Potter menembus tembok di platform 9 3/4 seperti terlihat di foto dibawah ini. Oh ya, kalian bisa berfoto dengan latar ini juga ya.

Demikianlah rangkaian aktivitas pada hari ini di kota London, semoga bisa menginspirasi teman-teman.

Cerita selanjutnya berkisah tentang keliling London di hari ke 2

irkusnardi

Explore The World and Taste Their Culinary

0 Replies to “Liburan di London, part 1”