Site Loader

Setelah puas berkeliling menikmati keindahan taman Keukenhof dan miniatur di Madurodam perjalanan dilanjutkan ke Brussels. Karena tidak ada rute langsung ke Brussels dari Dari Den Haag, maka dari stasiun Den Haag HS naik kereta api + 20 menit ke stasiun Rotterdam Centraal dahulu baru lanjut naik kereta api Thalys menuju  stasiun Brussels Midi.

IMG_20180507_201040

Lokomotif Thalys memiliki bentuk seperti peluru dan kereta ini berkecepatan tinggi, namun walau berkecepatan tinggi saat duduk tidak terasa sambungan relnya seperti naik KRL. Waktu tempuh dari Rotterdam ke Brussels adalah 70 menit.

Mengingat waktu yang terbatas di Brussels maka tujuan hanya dipusatkan ke Grand Place, alun-alun luas yang menjadi tempat tujuan turis utama di Brussels. Di Grand Place banyak digunakan sebagai lokasi berbagai macam perhelatan, salah satunya adalah Flower Carpet (diadakan setiap 2 tahun sekali pada minggu ke 2 bulan Agustus) dimana ribuan bunga menghiasi alun-alun dan membentuk seperti karpet raksasa.

Bangunan yang ada di kawasan Grand Place seperti diperlihatkan di foto dibawah ini.

  1. Brussels Town Hall atau Hotel de Ville (bahasa Perancis) atau Stadhuis (bahasa Belanda). Bangunan ini awalnya didirikan pada tahun 1400an, namun dalam sejarahnya bangunan ini hancur saat perang dunia dan hanya menyisakan bangunan tower nya saja, sehingga bila dilihat lebih cermat, letak menara tidak tepat berada di tengah dan bentuk bangunan di kiri dan kanan menara tidak sama persis.
    DSC_0727
  2. Maison du Roi atau biasa disebut juga King’s House atau Broodhuis. Saat ini bangunan ini dijadikan museum sejarah kota Brussels (Brussels City Museum). Sebelumnya bangunan ini pernah digunakan sebagai tempat berjualan roti (broodhuis) lalu berubah menjadi tempat tinggal raja (King’s House).
    DSC_0725

Dari Grand Place tujuan berikutnya adalah menuju Manneken Pis yang terkenal itu, dan mencicipi Brussel waffelnya yang dijual di toko dekat patung Manneken Pis.

DSC_0753

Dalam bayangan saya ukuran patung anak kecil yang sedang buang air kecil ini besar…namun ternyata dugaan saya salah karena benar-benar patung nya berukuran kecil.

Dari arah Grand Place ke Manneken Pis akan melewati toko penjual waffel, waffelnya memiliki banyak varian isi dan foto dibawah waffel dengan isi pisang dan strawberry. Wafffelnya garing dan empuk ditambah dengan rasa buah pisang dan strawberry nya yang menambah nikmatnya waffel ini.

Setelah kenyang makan waffel buru-buru kembali ke stasiun kereta api untuk mengejar kereta api ke Paris, tempat bermalam dan kota tujuan berikutnya. Di ujung gang menuju Grand Place ada patung Everard t’Serclaes, seorang pahlawan kota Brussels dan ada legenda tentang patung ini dimana bila pengunjung menyentuhnya maka pengunjung tersebut akan kembali ke Brussels.

Day 4-121, Monument Everard 't Serclaes, Brussels

Sampai disini perjalanan saya di kota Brussels.

irkusnardi

Explore The World and Taste Their Culinary

Leave a Reply

Translate

Subscribe to get updates

About the Author

Welcome to ceritaiwan. Hi, my name is Iwan. I create…