Site Loader

Eropa memiliki tujuan wisata berupa kebudayaan dan bangunan lawas yang menyimpan cerita sejarahnya masing-masing. Salah satu sisa peninggalannya bisa dilihat di kota Vienna yang terletak di Austria.

Selain bangunan bersejarah, Austria juga terkenal dengan kota kelahiran dari musisi dunia di jalur musik orkestra seperti Johan Strauss yang lahir di Vienna dan Mozart yang lahir di Salzburg. Sehinga di kota Vienna banyak dijumpai gedung teater yang menyajikan musik orkestra.

Nah, bila kebetulan berkunjung ke Vienna, ke mana tujuan wisata teman-teman? Saya sarankan untuk berkunjung ke beberapa lokasi wisata yang menjadi “landmark” kota Vienna seperti:

St. Stephen’s Cathedral

St. Stephen’s Cathedral

Gereja Katolik St. Stephen’s Cathedral berada di Stephansplatz di pusat kota Vienna. Gereja ini pernah rusak akibat perang dunia ke-2 dan bangunan yang sekarang berdiri ini adalah hasil renovasinya. Yang unik dari gereja ini adalah atapnya yang mempunyai corak dan warna yang berbeda dari gereja Katolik lainnya.

Kunjungan saat Pra Paskah

Istana Hofburg

Bangunan ini pernah menjadi sejarah saat dinasti Habsburg memerintah kerajaan Austria pada zaman lampau.

Pintu gerbang menuju Hofburg Palace
Hofburg Palace

Saat ini bangunan ini digunakan sebagai tempat tinggal resmi pemimpin Austria sekaligus kantornya. Monumen ksatria menunggang kuda di depan istana Hofburg adalah Kaisar Joseph II

Austrian Parliament Building

Dibangun mulai tahun 1874 dan selesai tahun 1883, mmh lama sekali ya. Sejak awal pembangunannya gedung ini memang dirancang untuk kantor parlemen. Di tempat inilah pelantikan presiden Austria dilaksanakan.

Parliament Building

Plaque Column

Plaque Column

Monumen ini berada di daerah yang bernama Graben. Didirikan sebagai simbol Tritunggal Maha Kudus dan memiliki 3 sisi. Ada cerita bahwa pada abad ke-17, wabah penyakit pes melanda kota Vienna, karena saat itu persediaan obat masih terbatas maka rakyat Vienna berdoa mohon kesembuhan dan monumen dibuat sebagai lambang terima kasih atas terkabulnya doa mereka.

Monumen Maria Theresa

Monumen Maria Theresa

Setelah Kaisar Romawi Suci dan pemimpin keluarga Habsburg , Charles VI (Karl VI) mangkat, maka diangkatlah Maria Theresa anak perempuannya (karena Kaisar Romawi Suci, Charles VI tidak memiliki keturunan laki-laki) sebagai penerus kerajaan. Maria Theresa berkuasa sejak tahun 1740-1780. Walaupun terjadi pertentangan yang luar biasa dari pihak keluarga dan pemimpin di kerajaan sekitarnya, Kaisar Romawi Suci Charles VI tetap mengeluarkan dektrit yang terkenal dengan nama Sanksi Pragmatis 1713 yang berisi tentang penerus dari kerajaan akan dipimpin oleh seorang wanita.

Untuk mengenang sejarah tersebut didirikanlah monumen Maria Theresa, dimana tangan kiri Maria Theresa memegang Sanksi Pragmatis 1713, dan tangan kanan sedang menyapa rakyatnya.

Naik kereta kuda

Teman-teman juga bisa naik kereta kuda berkeliling di Vienna. Ada beberapa tipe kereta kuda, ada yang dengan atap terbuka dan ada juga yang tertutup seperti di foto di bawah ini.

Kereta Kuda di depan Hofburg Palace

Kereta Kuda di samping St. Stephen’s Cathedral

irkusnardi

Explore The World and Taste Their Culinary

Leave a Reply

Translate

Subscribe to get updates