Empal Gentong, Cirebon

empal gentong

Last Updated on December 4, 2020 by irkusnardi

Bila kalian sedang berada di Cirebon dan sekitarnya serta ingin mencoba makanan khas dari Cirebon, maka jangan lewatkan untuk mencicipi Empal Gentong, yang merupakan salah satu makanan khas dari Cirebon.

Nah, tahukah anda kenapa disebut Empal Gentong? Disebut empal karena terbuat dari daging sapi, nah kalau gentong apa artinya ya? Jawaban akan langsung ditemukan saat masuk ke rumah makan yang menyediakan Empal Gentong karena anda akan melihat ada gentong. Ya, empal gentong dimasak dalam gentong (periuk tanah liat) diatas kayu bakar, ini yang menyebabkan rasanya yang nikmat karena dimasak menggunakan kayu bakar.

Kalau pesan Empal Gentong apa sih isinya? Diatas sudah disebutkan kalau Empal itu adalah daging sapi, selain empal ada juga pilihan menu pendampingnya seperti babat sapi, usus dan kikil. Bila anda tidak suka jeroan sapi bisa memilih daging sapi saja, bila suka bisa ditambahkan dengan kikil dan jeroan sapi seperti babat sapi atau usus.

Ini salah satu penjual empal gentong yang memiliki beberapa cabang dan ada yang lokasinya dekat dengan kawasan batik Trusmi, nama rumah makannya “Empal Gentong H. Apud”

Menu yang tersedia di rumah makan ini selain menjual empal gentong, adalah sate kambing, nasi lengko (versi Cirebon), ataupun tahu gejrot yang merupakah salah satu makanan khas Cirebon juga.


Anda tertarik makanan yang mana? Yuk cicipin …

Makanan khas Cirebon lainnya adalah: