Site Loader

Salah satu kota tujuan wisata di Italia adalah kota Firenze atau sering disebut juga Florence. Pada kesempatan ini kami ingin berbagi tentang apa yang kami dapat dari Firenze dalam 24 jam.

Jarum jam menunjukkan jam 19.30 (waktu setempat) ketika kami tiba di stasiun Santa Maria Novella di Firenze dengan menggunakan kereta api Frecciargento 8451 dari stasiun Santa Lucia, Venezia. Jarak 268 km dari Venezia menuju Firenze ditempuh dalam waktu 2 jam 5 menit.

Kami bermalam di Lilium Hotel yang berjarak 3 menit jalan kaki dari stasiun Santa Maria Novella. Hotelnya bersih dan staff hotelnya ramah. Yang unik hotel ini terletak di sebuah bangunan yang terdiri dari beberapa hotel, dan salah satunya adalah Lilium Hotel. Lilium Hotel terletak di lantai 1. Karena ini bangunan lama maka liftnya model zaman dulu yang punya 2 pintu dan hanya bisa angkut 2 orang + 2 koper besar.

Hotel Entereance

Tampak pintu masuk hotel dari jalan raya seperti di bawah ini dan di dinding sebelah kanan ada tertulis nama hotel dan nama yang menempati bangunan ini beserta bel di masing-masing nama, untuk minta bantuan membuka pintu utamanya yang terbuat dari pintu besi.

Inilah kamar yang kami tempati, kamar yang bersih walaupun tidak pakai karpet dan kamar mandi di dalam kamar juga bersih.

Karena hari telah larut malam dan perut juga minta diisi maka tujuan kami adalah makan malam di restoran Capitale della Cina yang bisa ditempuh dengan jalan kaki selama 5 menit dari hotel. Masakannya juga enak karena sudah beberapa hari tidak bertemu dengan nasi, jadilah kami pesan nasi goreng yang nikmat, sop bihun sapi untuk menghangatkan badan serta sayur, tumis babat dan sapi lada hitam. Setelah itu lanjut istirahat di hotel.

Karena keletihan setelah keliling kota sepanjang hari ini maka setlah dinner kami langsung kembali ke hotel.

Setelah breakfast di hotel dengan menu western breakfast, jam 09.00 kami langsung menuju Florence Cathedral atau yang biasa disebut the Duomo. Setelah 10 menit jalan kaki tibalah di the Duomo yang saat itu sudah banyak dikunjungi turis manca negara. Detail pada gereja yang diperhatikan dengan baik membuat gereja ini terkesan lebih megah, Di sebelah kanan the Duomo ada menara tempat lonceng gereja. Bila ingin masuk ke the Duomo ikutilah antrian di sebelah kiri bangunan.

Di sekitar Cathedral terdiri dari toko-toko termasuk toko yang menjual coklat Lindt yang sayang bila dilewatkan karena coklat dan es krim nya nikmat sekali… Di depan tokonya disediakan meja dan kursi sehingga kita bisa menikmati es krim atau makan coklat sambil duduk melihat Florence Cathedral dan Florence Baptistery.

Di seberang toko Lindt dan Florence Cathedral ada bangunan berbentuk segi delapan (oktagonal) yang bernama Florence Baptistery (Battistero di San Giovanni dalam bahasa Italia) atau sering disebut juga Baptistery of St. John sebuah gereja kecil yang didedikasikan untuk Santo Yohanes Pembaptis. Gereja ini memiliki 3 pintu masuk.

Foto diambil dari depan  toko Lindt

Jam 11 kami lanjut perjalanan dengan berjalan kaki menuju Piazza della Signoria dan dalam perjalanan sempat singgah sebentar di Piazza della Repubblica. Di sekitar Piazza della Republicca terdapat banyak pedagang kaki lima. Firenze terkenal juga dengan kerajinan kulitnya, jadi banyak pedagang kaki lima yang menawarkan tas, sepatu dan ikat pinggang dari bahan kulit dengan produk tanpa merk dan toko-toko sekitarnya menjual branded produk seperti Emporio Armani, ZARA, GEOX, PUMA. Michael Kors, dan lain-lain

Piazza della Repubblica

Piazza della Signoria terletak tidak jauh dari Piazza della Republicca. Di situ tampak sebuah bangunan berwarna coklat dengan jam di menaranya yang digunakan sebagai museum, yang disebut Pallazo Vecchio.

Di pintu masuk Palazzo Vecchio terdapat replika patung David karya Michael Angelo di sebelah kiri dan di sebelah kanannya patung Hercules dan Cacus karya Bandinelli. Diatas pintu masuk terdapat 2 patung singa dan salib di tengah lingkaran dengan latar belakang berwarna biru.

Jam 13.00 kami makan siang di Pizzeria Ristorante MaMMaMia! dengan menu seperti dibawah ini

Setelah makan siang kami menuju salah satu tujuan wisata yang terkenal di Firenze, yaitu Ponte Vecchio, sebuah jembatan diatas Sungai Arno. Walaupun hanya berbentuk jembatan, namun jembatan ini memiliki keunikan karena ada toko-toko di sekitar jembatannya

Setelah puas melihat toko-toko di Ponte Vecchio, kami bergegas kembali ke hotel karena kami harus melanjutkan perjalanan kami ke Roma pada jam 17.08

Screenshot_2018-05-14-16-53-19-923_de.hafas.android.eurail

Demikianlah perjalanan kami di Firenze.