Site Loader

Kota tua di Jakarta? Ya, seperti kota-kota besar lainnya, Jakarta juga punya koleksi bangunan lawas yang dibangun saat Belanda melalui VOC nya menguasai kota Batavia (nama Jakarta saat itu).

Saat ini banyak pilihan transportasi menuju kota tua Jakarta, selain kereta api KRL Commuter Line dengan tujuan Stasiun Kota, juga bisa naik bis Trans Jakarta koridor I jurusan Kota – Blok M.

Bangunan di sekitar kota tua merupakan bangunan peninggalan saat Belanda berkuasa di Batavia (nama Jakarta di zaman Belanda).

Salah satu daya tarik di kota tua adalah Museum Fatahillah yang dahulunya pernah dipakai sebagai balai kota saat Belanda berkuasa. Sekarang bangunan ini menjadi Museum Sejarah Jakarta dan buka setiap hari dari jam 08.00-17.00 WIB dan museum tutup setiap hari Senin.

Di halaman museum terdapat alun-alun atau lebih dikenal dengan nama taman Fatahillah dan ada bekas air mancur, serta meriam. Karena menjadi tempat wisata maka di taman ini bisa ditemui sepeda warna warni yang disewakan untuk berkeliling.

Kafe Batavia

Di sekitar Museum Fatahillah terdapat restaurant Kafe Batavia yang pernah digunakan sebagai kantor dagang E. Dunlop & Co (jangan disamakan dengan merk ban Dunlop ya, karena ini adalah kantor dagang import barang dari Belanda)

Museum Seni Rupa dan Keramik

Ada juga Museum Seni Rupa dan Keramik (dahulu gedung ini dipakai oleh Belanda sebagai kantor kehakiman) yang terletak di seberang museum Fatahillah.

Kantor Pos

Ada juga bangunan kantor pos Kota dimana sejak zaman Belanda, bangunan ini juga digunakan sebagai kantor pos dan telegram.

Toko Merah

Toko Merah, dahulunya adalah rumah dinas dari Gubernur Belanda. Bangunan ini dibangun oleh Gubernur Gustaaf Willem Baron van Imhoff (1743-1750).

Tips: Saat berkunjung ke kota tua jangan lupa bawa topi atau payung karena panas siang hari yang menyengat.

irkusnardi

Explore The World and Taste Their Culinary

One Reply to “Mampir ke Kota Tua Jakarta”

Leave a Reply

Subscribe to Blog via Email

Meet me on Twitter

About the Author

Welcome to ceritaiwan. Hi, my name is Iwan. I create…