Site Loader

Kalau bicara tentang transportasi di London, yang terbayang oleh saya adalah bis tingkat berwarna merah serta taxi warna hitam. Karena itulah transportasi di London yang saya lihat ketika menonton film yang mengambil gambar di kota London.

Dan, setelah menginjakkan kaki di London, bayangan tersebut menjadi nyata dan saya melihat ada 3 jenis alat angkut penduduk kota London, yaitu:

  1. Bis kota

  2. Taxi

  3. Tube (underground) atau di Jakarta lebih dikenal dengan nama MRT

Untuk memudahkan pembayaran ongkos transportasi maka London menyediakan smartcard bernama Oyster, yang berfungsi sebagai alat bayar pengganti uang tunai. Dalam kartu Oyster telah berisi sejumlah uang yang bisa kita isi (top up) di tempat yang telah tersedia di stasiun-stasiun underground, dan untuk lebih jelasnya bisa lihat di website transportasi kota London di sini

 

Keuntungan dari naik bis (apalagi bis yang bertingkat) adalah kita dapat melihat apa saja yang ada di sekeliling kita, pemandangan kota London bisa terlihat bila naik bis.

Kerugian dari naik bis adalah kemacetan karena jalan yang padat (apalagi bila berada di daerah sekitar pusat kota) ataupun seringnya pejalan kaki yang menyebrang jalan (karena saya tidak menemukan jembatan penyeberangan, yang terlihat saya semua berjenis pelican cross, yaitu ketika pejalan kaki ingin menyeberang jalan akan menekan tombol di tiang lampu lalu lintas (lihat box warna kuning di foto dibawah ini), sehingga lampu lalu lintas berwarna merah).

 

Untuk memudahkan penduduk serta pelancong, di setiap halte ada petunjuk nomor bis yang singgah di halte tersebut serta peta rute dan jadwal jamnya.

Selain bis, seperti yang telah disebut diatas, kalian juga bisa menggunakan taxi.

Keunggulan dari naik taxi sama dengan naik bis, yaitu bisa melihat keindahan pemandangan kota London serta bisa “private” (karena tidak perlu bersama dengan orang-orang lain seperti naik bis / tube) serta bisa sampai tepat di tempat tujuan.

Kerugian naik taxi adalah biaya yang mahal.

Transportasi lain adalah menggunakan Tube atau Underground, yaitu kereta cepat di bawah tanah. Untuk mencari stasiun Tube juga mudah, carilah tanda lingkaran warna merah dengan tulisan Underground seperti di foto di bawah ini.

 

Sebelum masuk ke platform nya, harus menempelkan kartu Oyster di pintu gerbang menuju platformnya ya.

 

Lihatlah di dalam Tube juga ada peta rute yang memudahkan penggunanya khususnya pelancong manca negara seperti saya ketika ingin mengetahui stasiun terdekat dari lokasi yang akan dituju. Ketika sudah tiba di stasiun tujuan maka kita perlu menempelkan kembali kartu Oyster saat akan keluar dari pintu gerbang di stasiun tersebut.

Keuntungan menggunakan Tube adalah kecepatan serta ketepatan waktunya. Waktu tunggu keretanya juga tidak lama. Kerugiannya adalah kita tidak bisa melihat pemandangan kota karena kereta ini berada di bawah tanah.

Nah … ternyata mudah ya menggunakan transportasi di London. Silahkan mencoba …

irkusnardi

Explore The World and Taste Their Culinary

Leave a Reply

Translate

Subscribe to Blog via Email

Meet me on Twitter

About the Author

Welcome to ceritaiwan. Hi, my name is Iwan. I create…