Site Loader

Last Updated on

Saat merancang perjalanan dari Inggris ke Belanda, saya dihadapkan pada 2 pilihan transportasi yaitu, naik kereta api atau naik kapal laut / ferry.

Setelah ditimbang-timbang, kami memutuskan untuk memakai kapal laut / ferry karena kami ingin merasakan naik ferry di Eropa.

Ferry dari Inggris ke Belanda ada 2 pilihan waktu, yaitu perjalanan siang hari dengan ferry Stena Britannica dan perjalanan malam hari menggunakan ferry Stena Hollandica, kami memilih menggunakan perjalanan malam hari dengan pertimbangan siang harinya masih ada kesempatan untuk berkeliling di London dan malamnya tidur di ferry.

Walaupun namanya ferry namun melihat fisiknya sudah seperti hotel terapung atau kapal pesiar.

Ferry Stena Hollandica berlabuh dari kota Harwich (sebuah kota di bagian timur Inggris) dengan tujuan Hook Van Holland di Belanda pada pk. 23.00 waktu setempat.

Dari web Stena Hollandica, kami membeli tiket kereta api,  tiket naik ferry sekaligus kabin untuk bermalam yang tersedia dalam beberapa tipe kamar kabin. Kereta api dari  London  ke Harwich berangkat dari Stasiun Liverpool di peron 10 pada jam 19.32 dan tiba di Harwich sekitar pk. 21.00

Kereta ke Harwich terasa nyaman karena kursinya yang empuk dan bersih.

Stasiun kereta api Harwich terletak di area pelabuhan sehingga ketika keluar dari kereta api, tinggal berjalan menuju area imigrasi sebelum naik ke ferry Stena Hollandica. Sesampainya di ferry kami disambut oleh awak ferry yang akan menunjukkan lokasi kamar tempat kita bermalam.

Setelah memasukkan bagasi ke kabin maka tiba saatnya untuk berkeliling menjelajahi ferry, dimana ada toko souvernir dan perlengkapan pribadi, restaurant, cinema, dan arena bermain.

 

Jam 23 tepat peluit berbunyi menandakan ferry angkat jangkar untuk berlabuh ke Hook Van Holland dan kamipun segera menuju kabin untuk istirahat.

Jarum jam menunjukkan pk. 06.00 saat sinar mentari masuk menerangi jendela kabin pertanda hari sudah pagi dan tepat pk. 08.00 waktu Belanda sampailah di Hook Van Holland.

 

Tibalah saatnya untuk meninggalkan kapal dan terlihat antrian penumpang bersiap-siap untuk keluar menuju dermaga.

 

Diatas adalah pemandangan dari terminal kedatangan dengan latar kapal Stena Hollandica saat menuju kantor imigrasi di pelabuhan Hook Van Holland.

 

Foto kiri adalah kantor imigrasi di Hook Van Holland ; foto kanan swafoto dengan latar belakang kapal Stena Hollandica

Inilah ekspresi keceriaan anak-anak saat menunggu bus yang akan mengantar ke kota Schiedam untuk melanjutkan naik kereta api ke Den Haag tempat tujuan kami (atau bisa juga pilih ke kota Rotterdam / Amsterdam).

Perjalanan bus dari pelabuhan Hook Van Holland menuju stasiun Schiedam sekitar 30 menit.

Suasana di stasiun Schiedam pagi hari itu terasa sepi seperti terekam dalam foto dibawah ini.

   

Semoga tulisan ini menambah wawasan pembaca. Sampai jumpa di artikel selanjutnya saat berkunjung ke taman Keukenhof yang terkenal dengan bunga tulipnya serta Madurodam, miniatur bangunan dan kota Belanda.

irkusnardi

Explore The World and Taste Their Culinary

Leave a Reply

Translate

Subscribe to Blog via Email

Meet me on Twitter

About the Author

Welcome to ceritaiwan. Hi, my name is Iwan. I create…