Nasi Krawu, Gresik, Jawa Timur

nasi krawu

Last Updated on December 15, 2020 by irkusnardi

Setiap daerah memiliki masakan khas masing-masing. Hari ini saya ulas tentang masakan khas dari daerah Jawa Timur.

Nasi Krawu adalah makanan yang terkenal di Gresik, sebuah kota yang berada dekat dengan Surabaya. Asal nama krawu diambil dari “krawuk” yang artinya mengambil sesuatu langsung dengan tangan karena penjual nasi krawu biasanya tidak memakai alat bantu saat menyajikan nasi krawu.

Sebenarnya asal mulanya nasi krawu konon dari Madura dan dibawa oleh pendatang dari Madura untuk berjualan di Gresik sebagai mata pencarian mereka.

Apa saja yang ada di dalam nasi krawu? Nasi Krawu terdiri dari nasi putih dengan tambahan lauk seperti daging sapi suwir, dan paru goreng, serta babat lalu disiram dengan serundeng (kelapa yang digoreng) berwarna kuning serta merah dan tidak lupa dihiasi dengan sambal terasi. Nasi krawu aslinya disajikan dalam daun pisang namun bila tersedia di rumah makan penyajiannya ada juga yang menggunakan piring. Setiap penjual memiliki cita rasa dan menu pendamping yang beraneka ragam, namun tetap dengan konsep, nasi putih, serundeng dan irisan daging, setelah itu ditambahkan dengan lauk yang kita suka.

Saat ini nasi krawu dapat dijumpai di rumah makan khas Jawa Timur yang semakin banyak tersebar di kota-kota besar.

Apa istimewanya nasi krawu? Irisan dagingnya lembut dan mudah dikunyah alias empuk, serta yang istimewa ada di serundengnya yang memiliki cita rasa gurih, manis dan pedas. Apalagi bila dimakan dengan nasi putih hangat, sungguh nikmat rasanya.

Yuk cicipin nasi krawu bila berkunjung ke Blitar.

nasi krawu