Site Loader
Pada tulisan kali ini, saya akan berbagi tips mengenai apa yang perlu dipersiapkan bila ingin melakukan liburan tanpa memakai jasa travel biro perjalanan. Hal terpenting bila kita akan memulai suatu liburan secara mandiri (tanpa menggunakan jasa travel biro perjalanan) adalah membiasakan untuk membuat rencana perjalanan. Hal ini penting karena dengan memiliki rencana perjalanan maka akan menghemat waktu, tenaga serta biaya. Saat ini banyak sumber yang bisa dijadikan bahan referensi untuk perjalanan anda, mulai dari mencontoh dari brosur yang tersedia di travel biro perjalanan, bertanya ke teman sampai browsing blog perjalanan, serta website tentang perjalanan. Inilah 5 langkah untuk memulai perencanaan perjalanan:
  1. Menentukan kapan dan berapa hari / waktu yang anda miliki untuk perjalanan tersebut, hal ini penting karena menyangkut budget biaya.
  2. Kemudian membuat daftar tujuan perjalanannya atau lokasi tempat wisata yang akan dikunjungi serta menentukan berapa lama waktu untuk berkunjung di lokasi tersebut.
  3. Setelah mengetahui waktu dan daftar tujuan, mulailah susun atau urutkan lokasi tempat wisata yang akan dikunjungi (saat ini lebih mudah dengan bantuan google maps untuk menentukan estimasi lama perjalanan dari 1 lokasi ke lokasi berikut, dan menentukan darimana akan dimulai serta dimana endingnya pada hari tersebut). Selain google maps bisa juga menggunakan aplikasi visitacity.com, atau traveladvisor.com.
  4. Langkah selanjutnya adalah menentukan dimana akan bermalam / penginapan yang sesuai dengan budget kita. Ada beberapa aplikasi pencari penginapan yang dapat membantu seperti agoda, booking, airbnb, dll. (Tips: usahakan penginapan yang kita pilih berada dekat dengan halte bus / stasiun kereta api. Hal ini berguna untuk meminimalisir biaya transportasi karena kita bisa jalan dari penginapan ke halte / stasiun kereta api).
  5. Setelah tahu lokasi tempat wisata, untuk merencanakan moda transportasinya, bisa menggunakan aplikasi google maps atau rome2rio.com.
Setelah 5 langkah tersebut tersusun yang harus diingat bahwa kita harus disiplin dalam manajemen waktu yang telah kita susun agar dapat menghemat waktu, tenaga dan pastinya biaya. Selamat berlibur …

irkusnardi

Explore The World and Taste Their Culinary

Leave a Reply

Translate

Subscribe to Blog via Email

Meet me on Twitter

About the Author

Welcome to ceritaiwan. Hi, my name is Iwan. I create…